Jakarta – Motor adalah salah satu alat berkendara paling Populer di Indonesia, tentunya membutuhkan perawatan berkala.
Banyak komponen yang harus diganti untuk pemeliharaan rutin.
Namun jarang yang mengetahui dan bahkan salah dalam penyebutan nama resmi komponen-komponen motor tersebut. Dikutip dari GridOto.com, berikut nama-nama komponen motor yang sering salah sebut.
1. Spi
Spi adalah Komponen berbentuk setengah lingkaran yang berfungsi sebagai pengunci komponen berputar ini ternyata punya nama resmi yakni woodruff key.
2. Gigi Botol
Gigi botol adalah komponen pada sektor transmisi yang sangat penting agar proses perpindahan gigi bisa terjadi. Bentuknya seperti botol dengan guratan alur yang mengelilinginya. Nama resminya adalah shift cam.
3. Sepul
Spul Motor adalah gulungan tembaga sebagai pembangkit daya listrik di motor ini nama resminya buka sepul, yang benar adalah stator. Disebut stator, karena komponen kelistrikan ini tidak berputar alias statis.
4. Magnet
Magnet motor adalah pasangan sepul atau stator. Nama magnet memang umum di Indonesia, namaun kalau di luar negri namanya adalah rotor.
5.Ring
Ring adalah komponen yang sering dipasangkan dengan mur dan baut, namun nama resminy adalah washer.
6. Kampas kopling
Kampas kopling adalah Komponen penerus daya dengan guratan-guratan bertekstur seperti kampas rem. Kampas kopling ini punya nama resmi yakni friction plate.
7. Pelat kopling
Teman sejati yang berhimpitan dengan kampas kopling, sering disebut pelat kopling. Namun, nama resminya yang bernama clutch plate.
Itu beberapa nama komponen motor yang jauh berbeda dengan nama aslinya. Namun tidak ada salahnya menyebut komponen tersebut dengan nama lain selama tidak salah pasang.